Langsung ke konten utama

7 Kuliner Wonosobo Yang Patut Untuk di Coba!!!



    Jika kita datang ke Wonosobo sangat kurang apabila belum menikmati beberapa makanan khas Wonosobo. Bagi anda yang datang ke Wonosobo misalnya Dieng maka akan kurang jika belum mencicipi makanan khas Dieng ini. Terdapat beberapa jenis makanan khas Wonosobo yang hanya ada di Wonosobo saja, mulai dari makanan berat hingga oleh oleh khas Wonosobo yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga tercinta, berikut beberapa makanan khas Wonosobo. Berikut akan saya rangkum dalam 7 kuliner Wonosobo yang Patut Untuk di Coba. Selain Wonosobo, kota kota seperti Purbalingga, dan Cilacap juga mempunyai makanan khasnya sendiri loh.


1. Mie Ongklok


    Mie ongklok merupakan makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa disebut dengan loh. Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul khas Wonosobo, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan ternyata setelah kita menikmatinya maka akan ketagihan.
    Ada beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat hari libur, mie ongklok ini akan nikmat apabila disandingkan dengan sate dan juga tempe kemul, jika anda datang ke Wonosobo belum menikmati masakan khas Wonosobo ini maka belum lengkap wisata anda ke Wonosobo.

2. Sagon

    Sagon merupakan salah satu makanan khas Wonosobo dan termasuk ke dalam makanan tradisional, sagon terbuat dari tepung sagu dengan parutan kelapa dan ditambahkan gula kemudian dipanggang, jika anda datang ke Wonosobo sempatkanlah datang ke pasar induk Wonosobo, disana anda akan menemukan oleh oleh khas Wonosobo yaitu sagon, biasanya para pedagang akan berjualan sagon ini satu komplek dan lebih nikmat jika disajikan hangat, dengan bentuk bulat dan tebal membuat ketagihan konsumen yang memakannya.


3. Tempe Kemul



    Mungkin sekilas pertama melihatnya kita pernah makan makanan ini, di tempat lain misalnya di purwokerto makanan ini disebut dengan mendoan, namun tempe kemul merupakan makanan khas Wonosobo dengan ciri khas tersendiri, biasanya disajikan dalam bentuk renyah dan terdapat taburan kucai, rasanya yang nikmat apalagi jika ditambah dengan cabai mentah atau ulegan cabai membuat rasanya semakin nikmat.


4. Opak Singkong



    Bagi sebagian orang pasti asing dengan istilah opak, namun jika anda datang ke Wonosobo jangan kaget jika disuguhi makanan khas Wonosobo bernama opak, opak ini terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian dikeringkan lalu digoreng, biasanya ditambahkan kucai sebagai taburan, opak ini banyak diproduksi di berbagai daerah di Wonosobo misalnya krakal, kalibeber dan sebagainya.


5. Keripik jamur



    Wonosobo pernah menjadi kota penghasil jamur dengan kuantitas lumayan besar, banyak berdiri perusahaan berbasis makanan terutama jamur ini, banyak juga industri rumahan yang memproduksi jamur menjadi makanan khas Wonosobo berupa keripik jamur, walau dapat kita temukan di daerah lain namun Wonosobo dari dulu sudah terkenal akan produksi keripik jamurnya.


6. Nasi Megono



    Sebagian besar diantara kita pernah mendengar nasi ini di daerah Pekalongan, di Wonosobo juga terdapat nasi megono yang banyak dibungkus untuk menu sarapan yang nikmat, biasa didampingi dengan tempe kemul hangat membuat kita ketagihan untuk menikmati nasi megono ini.


7. Kacang Dieng


    Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah kacang dieng, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan kacang babi, kacang ini memiliki bentuk yang berbeda dari kacang biasanya, kacang Dieng memiliki bentuk yang lebih besar dan biasa digoreng dengan taburan bumbu diatasnya, rasanya yang gurih cocok untuk oleh-oleh keluarga dirumah.


    Itulah beberapa makanan khas Wonosobo bagi anda pecinta wisata kuliner di Wonosobo jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan khas Wonosobo di atas, masih banyak menu makanan lain yang ada di Wonosobo misalnya aneka rica-rica marmut, enthok dan masih banyak lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kuliner Purbalingga Yang Melegenda

    Purbalingga atau yang memiliki julukan Kota Perwira tempat dimana kamu bisa menemukan industri bulu mata dan knalpot terbesar di Indonesia. Jika kamu merantau di daerah Jogja, Semarang, Solo ataupun kota-kota lainnya dan kamu menemukan beberapa temanmu menggunakan bahasa dan logat ngapak. Bisa jadi temanmu itu berasal dari Purbalingga. Seperti ungkapan, “Ora ngapak ora kepenak”, banyak dari beberapa orang yang sudah lama merantau namun masih kental dengan logat ngapaknya.              Kalau kamu mengunjungi Kota Purbalingga ada beberapa objek wisata menarik seperti Owabong, Kebun Stroberry Pratin, Taman Repil dan Musium Uang, Akuarium Raksasa Purbayasa dan salah satu wisata terbaru yang sedang booming di Purbalingga yaitu bukit Igir Wringin, Desa Panusupan, Rembang.            Tak hanya objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, Purbalingga juga punya kuliner-kuliner yang sudah melegenda dan tak boleh kamu lewatkan.  Selain kota Purbalingga, kabupaten

Get Ugly | Jason Derulo

Girl, ladies, let your hurr down Gadis, wanita, mengecewakan Anda hurr Let your hurr down Mengecewakan Anda hurr We’s about to get down Kita akan turun Oh my, oh my, oh my god Oh saya, oh saya, oh Tuhan This girl straight and this girl not Gadis ini lurus dan gadis ini tidak Tipsy off that peach Ciroc Mabuk dari Ciroc itu Persik Like la la la Seperti la la la Ching-a-lang-lang, ching-a-ling-a-lang-lang Ching-a-lang-lang, ching-a-ling-a-lang-lang Jeans so tight I could see loose change Jeans begitu ketat aku bisa melihat perubahan longgar Do your thang, thang, girl Apakah Anda thang, thang, gadis Do that thang like la la la Apakah bahwa thang seperti la la la Tell them pretty faced girls tryna grabs each other Memberitahu mereka cukup gadis-gadis yang dihadapi tryna meraih satu sama lain And them undercover freaks who ain’t nun’ but trouble Dan mereka menyamar aneh yang tidak biarawati ‘ tapi masalah Baby, I’mma tell you some’ only cause I love ya Bayi, I’mma memberitahu Anda beber

Love Yourself | Justin Bieber

All the times that you rain on my parade Setiap waktu kau mengeluh pada saat menghiasi hariku And all the clubs you get in using my name Dan semua klub yang kau masuki menggunakan namaku You think you broke my heart Kau pikir kau menghancurkam hatiku Ohhh girl for goodness sake Ohhh gadis demi kebaikan You think I'm crying Kau pikir aku menangis Oh my ohhh, well no I ain't! Oh aku oh, tidak, aku tidak! And I didn't wanna write a song Dan aku tak ingin menulis lagu 'Cause I didn't want anyone thinking I still care, I don't Karena aku tak ingin orang berpikir aku masih peduli, aku tidak But, you still hit my phone up Tapi, kau masih menghubungi di ponselku And baby I be moving on Dan sayang aku akan melangkah And I think you should be somethin' I don't wanna hold back Dan kupikir kau harus menjadi sesuatu yang dapat membuatku tak ingin terus kembali Maybe you should know that Mungkin kau harus tahu bahwa My mama don't like yo